Manfaat Tulang Sotong / Asinan / Cuttle Bone Bagi Burung

Pertama-tama yuk kita simak apa sih itu asinan atau yang lebih akrab di panggil tulang sotong atau mungkin istilah bule nya cuttle bone heheeh???

Tulang sotong atau cuttle bone ini sebenarnya bukanlah sebuah tulang melainkan cangkang internal dari sotong, hewan laut sejenis cumi-cumi kecil seperti Cephalopod. Tulang sotong ini biasanya banyak ditemukan dipinggir-pinggir pantai dimana hewan hewan tersebut terdampar akibat laut yang pasang dan tinggal cangkangnya saja yang tersisa. Karena merupakan hewan laut, maka dalam tulang sotong tersebut banyak mengandung kalsium , mineral dan iodum yang sangat dibutuhkan oleh burung dan hewan peliharaan lainnya seperti reptil. namun dalam pembahasan ini kita fokuskan manfaat dan penyajiannya untung Burung.



Tulang sotong ini juga banyak dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan burung akan kalsium,bahkan di gunakan juga dalam campuran pembuatan pasta gigi,kometik,pembetukan pehiasan dll. nah sekedar tau ajah yah mari kembali ke pembahasan pokok kita,pemberian Tulang Sotong / Asinan / Cuttle Bone dapat di berikan pada semua jenis burung yaitu muali dari perkutut, kenari,kacer,murai batu,dll ataupun burung paruh bengkok seperti parkit dan lovebirds. terutama untuk burung yang sedang dikembang biakan atau di tangkarkan, pemberian tulang sotong ini bisa memicu produktivitas dan kesehatan dari telur yang dihasilkan serta bisa mencegah indukan yang sering memakan telur-telurnya sendiri karena kekurangan kalsium. hal ini di sebabkan karena secara alamiah burung akan memakan apa saja untuk memenuhi kebutuhannya termasuk dengan memakan telurnya sendiri untuk memenuhi kebutuhan kalsiumnya.wooooo itu baru sekilas dari manfaat Tulang Sotong / Asinan / Cuttle Bone yuk simak lagi   kali ini PKBF-Putra Kencana Bird Farm mau membocorkan sedikit tentang dan cara pemberian atau penyajiannya:

  1. membantu memenuhi kebutuhan mieral dan kalsium bagi indukan burung yang di tangkarkan. serta anakan burung yang masih di glodok yang di bantu indukanya melalu lolohan atau suapan.
  2. membatu / menjaga burung tetap sehat. hal ini di karenakan pencernaan burung semakin meningkat kualitasnya.
  3. menjaga kesehatan burung agar tidak mudah lemas dan tidak membuat burung kehilangan napsu makan.
  4. menguatkan cangkang telur sehingga tidak mudah retak. Jgn di remeh kan karena cangkang telur yg retak tidak akan bisa menetas. Keretakan sangat kecil dan sulit terlihat tampa alat bantu. Jika ada yang sering gagal tetas atau menetas sedikit mungkin ini jawabanya.
  5. Membantu untuk menjaga burung agar tidak cacingan.
  6. membatu metabolisme tubuh burung dan meningkatkan bakteri baik dalam usus.
  7. meningkatkan gairah kawin sehingga burung.




 
nah ulang Sotong / Asinan / Cuttle Bone, tidak hanya penting bagi burung yang ingin di tangakarkn lo.... tapi juga penting bagi burung yang di pelihara di sangkar gantung biasa ataupun burung yang di lombakan.
nah di samping itu saya akan membagikan bagai mana sih cara penyajian yang benar ulang Sotong / Asinan / Cuttle Bone ini terhadap burung kesayangan kita???

Berikut cara pemberian ulang Sotong / Asinan / Cuttle Bone saya bagi 2 yaitu pemakan serangga dan buah dengan pemakan biji bijian :

1).cara penyajian atau pemberian ulang Sotong / Asinan / Cuttle Bone ke pada burung pemakan serangga / buah. seperti cucak hijau,murai batu,kacer,pleci,dll. uppps canary/kenary sihh pemakan bijian buah dan sayuran tapi canary/kenari ikut cara yang ini juga yah.

  • ambil tulang sotong yang biasa di jual di jul di pasaran sudah dalam posisi kering
  • siapkan tutup botol atau sendok makan
  • korek/serut ulang Sotong / Asinan / Cuttle Bone perlahan hingga menjadi butiran halus
  • setelah halus campurkan 3gram tulang sotong pada 1 sendok teh kroto segar,dosis bisa di sesuaikan.
  • pastikan tidak memberi pakan lain kecuali kroto yang sudah di campur dengan ulang Sotong / Asinan / Cuttle Bone habis di makan burung.kemudian setelah habis barulah anda memasukan opakan seperti biasanya.
 2.cara penyajian atau pemberian ulang Sotong / Asinan / Cuttle Bone untuk burung pemakan bijian seperti lovebird,falk/parkit australia,parkit dll.
  • cara sangat mudah cukup beri lubang di tengah -  tengah ulang Sotong / Asinan / Cuttle Bone. dengan menggunakan bor/obeng dll.
  • kaitkan dengan penggantung buah yang biasa di jual di pasar burung atau mungkin cable tis atau bisa juga dengan baut.nah di bawah sya tambahkan video penyajian atau pemberian ulang Sotong / Asinan / Cuttle Bone yang sangat saya sarankan.

Video pengankaran Lovebird PKBF - Putra Kencana Bird Farm Denpasar Bali
Dipasaran kita juga banyak melihat tulang sotong dijual dalam bentuk batangan  ataupun yang sudah pecah - pecah saran dari saya belilah sesuai kebutuhan dan peruntukan. karena harga yang pecah - pecah lebih murah sekita Rp.35.000 s/d Rp.45.000 / kgnya sedangkan yang utuh beukuran di atas 20cm berkiisran antara Rp.85.000 s/d Rp.120.000. nah jadi harus cermat yah guna menekan biaya pengeluaran. jika di peruntukan untuk pemakan serrangga atu buah tadi saya sarankan beli yang pecah saja. dan sebaliknya.

nah berikut tips tentang  Mafaat Tulang Sotong / Asinan / Cuttle Bone Bagi Burung berikut cara penyajiannya.dokumentasi pemberian pada burung pemakan serangga vido beserta fotonya menyusul yah sebab sedang di kerjakan. terimakasih telah menyimak yuk bantu share supaya banyak kicaumania yang ingin membagikan tips nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar