Cara Merawat Anis Merah Dari Trotol Hingga Dewasa

Meski anis merah yang kita miliki didapatkan dari keturunan yang berkualitas atau memiliki katuranggan yang baik, tetapi jika perawatannya tidak optimal,  hasilnya tentu juga tidak akan sebagus yang diharapkan.  Bagaimana pun, perawatan yang konsisten selalu menjadi kata kunci dalam menghasilkan burung berkualitas .
Berikut ini beberapa perawatan yang bisa diterapkan pada AM trotolan agar cepat bunyi .
A. Mandi dan jemur
Memandikan burung sebaiknya dimulai sejak dini. Sejak trotolan, burung bisa dilatih mandi di karamba. Pada tahap awal, mungkin kita mengalami sedikit kesulitan karena burung tidak mau mandi atau tidak mau masuk karamba.
Jika hal tersebut terjadi, maka kita bisa menangkap dan memindahkannya  ke dalam karamba mandi, dengan  terlebih dulu dipancing dengan pakan kesukaannya seperti jangkrik atau cacing tanah hidup, yang dimasukan ke bak mandi. Dengan cara demikian, burung akan terbiasa dan merasa nyaman berada dalam karamba, dan tidak takut lagi untuk mandi di dalamnya.
Penjemuran pada AM trotolan dilakukan dalam waktu seperlunya saja. Misalnya, pagi hari ketika matahari mulai terbit, AM dijemur paling lama 20 menit. Sebab, sebagaimana artikel sebelumnya (, sinar matahari pagi sangat baik bagi pertumbuhan dan perkembangan burung muda.
B. Masalah pakan
Pakan yang diberikan untuk AM trotolan harus mengandung semua unsur gizi, mulai dari energi metabolisme, karbohidrat, protein, lemak, serat kasar, hingga vitamin dan mineral esensial. Pemberian buah-buahan segar, terutama apel dan pepaya, diyakini bisa mempercepat burung untuk berbunyi.
Selain buah-buahan, extra fooding (EF) serangga seperti jangkrik, kroto, dan cacing tanah juga bisa diberikan.  Pakan ini harus diberikan dalam porsi dan pengaturan yang tepat dan rutin setiap harinya.
C. Teman sekaligus masteran bagi AM trotolan
Jika Anda memiliki dua ekor atau lebih AM trotolan, mereka bisa digantung dengan jarak berjauhan agar saling bersahutan untuk  mempercepat proses berkicau. Namun jika hanya memiliki seekor AM trotolan, burung bisa disandingkan dengan jenis burung penyiul lainnya seperti kacer,  pleci, decu, tledekan, dan sulingan. Burung-burung ini bisa dimanfaatkan untuk memancing AM trotolan makin rajin berbunyi dan mempercepat proses ngeplongnya.
Untuk melengkapi suara isian dari AM trotolan, Anda bisa menggunakan suara master sesuai dengan yang diinginkan. Kalau ingin melatihnya untuk tujuan lomba, Anda bisa mengisinya dengan suara yang tajam, rapat, dan kasar, seperti suara cucak jenggot, jangkrik , belalang, jalak suren atau burung dengan speed rapat lainnya.
Yang terpenting dalam perawatan AM trotolan adalah sebisa mungkin menjaganya agar stabil emosi, karakter, dan sifatnya. Agar burung tidak berubah karakter menjadi liar / giras, usahakan memberikan pakan yang cukup dan bergizi, jangan sering stres / takut, dan sebagainya.
Karena itu, biasakan menggantang burung di tempat ramai agar burung terlatih dan terbiasa dengan keramaian, yang mana ini bisa melatih mentalnya jika suatu waktu dibawa ke latber  yang ramai oleh lalu-lalang peserta dan burungnya.
Anis merah trotolan sedang belajar teler
Anis merah trotolan sedang belajar teler.
—-
Hanya melalui perawatan yang tekun dan optimal, anis merah akan cepat dalam  kondisi ” buka suara ” atau ngeplong, dan syukur-syukur trotolan tersebut sudah mau belajar teler.
Semoga bermanfaat.